Kopi Kendal akan Didaftarkan SNI

366

KENDAL-Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) berencana mendaftarkan hasil produksi kopi Kendal untuk mendapatkan sertifikat SNI. Harapannya Kendal bisa memiliki brand resmi yang tidak bisa diklaim oleh daerah lain.

Kabid Perkebunan pada DP3K Kendal, Harjito mengatakan bahwa rencana pengajuan sertifikat SNI itu lantaran kopi Kendal memiliki kualitas unggulan. Baik kopi jenis Robusta maupun Arabika. “Terutama kopi yang berasal dari eks Kawedanan Boja dan Selokaton,” ujarnya, kemarin.

Diakuinya, kualitas kopi asal Kendal banyak dicari untuk diekspor, namun belum memiliki brand sendiri. Akibatnya, kopi Kendal belum banyak dikenal masyarakat. Padahal penghasilan kopi di Kendal selama ini, 40 persen kopi Arabika dan 60 persen kopi Robusta. “Bahkan lebih istimewa dan mulai dikembangkan adalah kopi jenis Excelso. Jenis kopi ini aromanya seperti durian, jadi sangat wangi,” katanya.

Saat ini, sedang diupayakan untuk mendapatkan sertifikat SNI. Namun karena perlu biaya yang cukup banyak, akan dilakukan melalui koperasi petani kopi. “Rencananya yang jenis Robusta dulu yang segera didaftarkan untuk mendapatkan sertifikat SNI,” katanya.