Pelayanan Capil Buka hingga H-1

Beri Kesempatan Pemudik Urus Dokumen

285
BERJUBEL: Petugas Dindukcapil terus melakukan pelayanan kepada warga.SUBEKAN/RADAR KUDUS
BERJUBEL: Petugas Dindukcapil terus melakukan pelayanan kepada warga.SUBEKAN/RADAR KUDUS
BERJUBEL: Petugas Dindukcapil terus melakukan pelayanan kepada warga.SUBEKAN/RADAR KUDUS
BERJUBEL: Petugas Dindukcapil terus melakukan pelayanan kepada warga.SUBEKAN/RADAR KUDUS

KOTA – Kegigihan petugas di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Blora dalam melayani masyarakat layak diapresiasi. Pasalnya, di saat para PNS lain libur cuti bersama Lebaran, mereka tetap masuk kerja hingga H-1.

Kepala Dindukcapil Blora, Purwadi Setiono melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Agus Listiyono mengungkapkan, pelayanan di Dindukcapil Blora tetap buka hingga H-1 Lebaran atau Senin dan Selasa tanggal 4 sampai 5 Juli. Selanjutnya libur Lebaran hingga 11 Juli 2016.

Nantinya petugas yang masuk untuk memberikan pelayanan akan dibuatkan jadwal khusus. Sehingga tidak semua pegawai Dindukcapil masuk. Dibukanya pelayanan hingga H-1 ini dilakukan karena Dindukcapil ingin memberikan kesempatan kepada para pemudik yang baru pulang dari perantauan untuk mengurus dokumen-dokumen kependudukan di Dindukcapil Blora. Sehingga saat hendak kembali merantau mereka sudah mengantongi identitas kependudukan.

Dalam pelayanan yang diberikan Dindukcapil nantinya tidak berbeda dengan pelayanan hari-hari biasa. Mulai dari mengurus e-KTP, akta kelahiran, data kependudukan, kartu keluarga (KK), pelayanan pencatatan kematian, pencatatan perkawinan, pencatatan pembatalan perkawinan, pencatatan perceraian, pencatatan pembatalan perceraian, pencatatan pengakuan anak, pencatatan pengesahan anak, pencatatan pengangkatan anak, pencatatan perubahan nama, pencatatan perubahan peristiwa penting lainnya, dan pencatatan pindah kewarganegaraan.

“Kami tetap melayani semua dokumen tidak terkecuali dan kami buka pada pukul 08.00 hingga 13.00,’’ katanya.

Dia mengaku, saat menjelang Lebaran biasanya para perantau akan pulang ke kampung halaman, begitu juga dengan warga Blora. Untuk itu demi melayani para perantau yang belum mempunyai identitas kependudukan, pihaknya sengaja membuka pelayanan hingga H-1 Lebaran.

Agus berharap, pada Senin dan Selasa nanti warga Blora segera mengurus dokumen administrasi kependudukan tersebut sedini mungkin.  Sebab, dokumen-dokumen tersebut sangat penting bagi setiap warga. Apalagi saat ini hampir semua urusan membutuhkan data kependudukan. Mulai dari sekolah, bekerja, menikah, sakit, dan lain sebagainya.

Menurutnya, masih adanya anggapan dari masyarakat bahwa pembuatan dokumen-dokumen kependudukan itu mahal dan ribet sebenarnya keliru. Sebab pembuatan semuanya tanpa dipungut biaya.

“Semua pelayanan di dincukcapil gratis tidak mengeluarkan sepeser pun,” ujarnya. (sub/aji)