Korsleting Listrik selalu Jadi Penyebab Kebakaran

Mudik Lebaran, Waspadai Pasar Terbakar

385

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya timbul api lokal, pihak pasar menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang ditempatkan di setiap sudut pasar.

Pasar tradisional yang rencananya akan direvitalisasi dalam waktu dekat adalah Pasar Karangayu. Bahkan, lokasi penampuangan sementara bagi pedagang pun sudah diusulkan, yakni Lapangan Karangayu. Namun seperti biasa, para pedagang masih menolak pindah. Nah di balik itu, para pedagang pun mulai timbul kekhawatiran. Kalau tidak juga pindah, jangan-jangan pasar akan terbakar?

Namun para pedagang optimistis kejadian tersebut tidak akan terjadi. Meski begitu, Sabar, salah satu pedagang buah di Pasar Karangayu tetap melakukan antisipasi dengan mengurangi stok dagangan. Jika biasanya Sabar menyimpan sampai puluhan kilogram untuk masing-masing buah, sekarang hanya beberapa kilogram saja. ”Ini juga menghabiskan stok Lebaran. Jadi besok pas ditinggal mudik, tidak pada busuk,” bebernya.

Layaknya tahun-tahun sebelumnya, kios milik Sabar tutup sejak H-3 hingga H+5 Lebaran. Sejauh ini, barang-barang yang ditinggal di kios selama ditinggal mudik, dia anggap ilang-ilangan. ”Jadi kalau pasarnya terbakar, ruginya tidak terlalu besar,” cetusnya.

Ditanya mengenai kemungkinan kebakaran gara-gara korsleting listrik, Sabar tidak begitu memperhatikan. Sebab, sudah 20 tahun berjualan di sana, tidak ada kios yang mengalami hal tersebut. ”Soalnya sudah diatur sama pengurus pasar. Kami hanya menyalur kabel saja. Itu pun ada aturannya. Satu kios untuk beberapa colokan saja. kalau di los buah, hanya 3-4 colokan,” paparnya.