Korsleting Listrik selalu Jadi Penyebab Kebakaran

Mudik Lebaran, Waspadai Pasar Terbakar

336

Jika tidak demikian, para pedagang pasar seringkali disalahkan terkait instalasi jaringan listrik. Terlebih banyak pasar tradisional tidak dilengkapi hidran air.

”Seringkali pasar terbakar didahului dengan sosialisasi tentang relokasi maupuan revitalisasi pasar. Maka tidak bisa disalahkan pula di kemudian hari ada tudingan jangan-jangan para pedagang pasar adalah korban rebutan proyek,” ungkapnya.

Menurutnya, dugaan kebakaran pasar disebabkan adanya pihak yang sengaja membakarnya patut menjadi perhatikan, meski kebenaran akan hal ini hingga kini belum terbukti. ”Yang jelas, begitu usai musibah kebakaran pasar terjadi, proyek baru menjadi lahan bagi para pejabat penting. Itu saja sih,” ujarnya.

YN, wanita yang juga seorang pedagang pasar mengaku tidak setuju jika pasar tradisional dihilangkan dengan isu relokasi. Menurutnya, pasar tradisional harus tetap ada di setiap perkotaan.

”Pasar tradisional bukan soal bisnis belaka, tapi juga tentang tradisi-budaya. Jika semua pasar menjadi mal, maka tidak ada lagi praktik tawar-menawar harga, jual beli antar-rakyat. Ekonomi rakyat terputus, sebaliknya dikuasai pemilik modal besar pendiri mal,” katanya.

Dia mengaku, bagaimanapun pasar tradisional harus dirawat oleh pemerintah dan tidak boleh dimodernkan. Ia juga meminta kepada pemerintah agar tidak ada lagi insiden kebakaran pasar tradisional. Terlebih menjelang Lebaran seperti ini, saat para pedagang mudik di kampung halaman.