Mengingingatkan Imam Shalat

243

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Ustadz. Ahmad Izzuddin, yang saya hormati. Saya ingin tanya, bagaimana hukumnya membaca subhanallah bagi laki-laki dan menepukkan tangan bagi perempuan ketika imam lupa? Terima kasih.

Firda di Banyumanik 085640505410

Jawaban :

Waalaikumussalam Warahmatullah Ibu Firda yang saya hormati, terima kasih atas pertanyaannya. Memang dalam literatur kitab fikih dijelaskan beberapa perbedaan laki-laki dan perempuan ketika melaksanakan salat, salah satunya adalah ketika imam salah dalam menjalankan tugasnya. Maka yang menjadi keharusan bagi laki-laki adalah membaca subhanallah dan bagi perempuan adalah menepukkan tangan sebagai langkah untuk mengingatkan imam.

Akan tetapi akan timbul masalah jika ketentuan itu dibalik, bagi perempuan membaca subhanallah dan bagi laki-laki menepukkan tangan. Mengenai hal ini, dalam kitab fathul wahhab dijelaskan, Makruh bagi laki-laki menepukkan tangan guna mengingatkan imam sebagaimana makruh bagi perempuan membaca subhanallah sebagai bentuk dzikir dan mengingatkan imam, karena menyalahi kesunahan yang semestinya dilakukan.

Akan tetapi, dalam kitab Tuhfatul Habib dijelaskan, menurut qoul yang mu’tamad, laki-laki yang menepukkan tangan bertujuan hanya memberi tahu imam yang keliru tidak sampai membatalkan sholat. Begitupula tidak batal shalatnya perempuan ketika menepukkan tangan hanya bertujuan memberi tahu imam.Wallahu a’lam.

Sekian jawaban dan tanggapan yang dapat saya sampaikan. Semoga ada manfaatnya dan barokah. Amin. (*)