SEMARANG – Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik (PPD) SD Negeri Kota Semarang 2016 yang telah diumumkan Sabtu (18/6) lalu diketahui masih banyak sekolah yang kekurangan siswa. Dari data yang ada, sejumlah SD Negeri yang masih kekurangan murid dengan jumlah di bawah 10 siswa, padahal kuota yang disediakan rata-rata 40 kursi.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Semarang, SD Negeri yang kekurangan siswa di antaranya SD Negeri Bugangan 01 yang hanya mendapatkan 7 siswa, SD Negeri Gabahan sebanyak 8 siswa, SD Negeri Wonodri sebanyak 7 siswa, SD Negeri Nongkosawit 01 sebanyak 6 siswa, SD Negeri Kandri 02 hanya mendapatkan 5 siswa, dan SD Mangkang Kulon 03 hanya 6 siswa.

Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin, akhirnya mengeluarkan kebijakan bagi sekolah yang kekurangan murid untuk dapat memperpanjang PPD hingga 18 Juli mendatang dengan mekanisme manual atau datang langsung ke sekolah.

”Kami memperpanjang pendaftaran sampai 18 Juli, tujuannya agar jumlah siswa bagi SD yang kurang bisa bertambah. Pendaftarannya tidak melalui online, cukup datang ke sekolah saja,” katanya, Minggu (19/6) kemarin.

Bagi pihak sekolah, kata dia, harus segara melaporkan dan mengajukan permohonan kepada dinas. Siswa yang belum mendapatkan sekolah pun, tidak boleh ditolak dan wajib diterima oleh pihak sekolah. ”Sekolah bisa memperpanjang selama kuota masih ada, apalagi di lapangan memang banyak SD Negeri yang masih kekurangan siswa,” ujarnya.