PDAM Maksimalkan 14 Sumur Produksi

221

SALATIGA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) berusaha memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan dengan mengaktifkan seluruh sumur produksi yang ada. Kendati demikian, tidak seluruh pelanggan bisa menikmati aliran air 24 jam sehari, karena sumber yang terbatas debitnya serta letak geografis.

Hal ini diungkapkan Direktur PDAM Kota Salatiga Samino saat bertemu wartawan, kemarin siang. “Ini sekaligus untuk persiapan menjelang Lebaran mendatang. Seluruh sumur produksi akan mulai dimaksimalkan,” jelas Samino di ruang kerjanya.

Sumur produksi yang ada antara lain di wilayah Kenteng Ngemplak, Ngronggo, Cebongan, dan Kradenan. keseluruhan ada 14 sumur produksi, tetapi tetap dilakukan pembagian debit air agar semua pelanggan bisa terlayani. “Untuk sumur produksi baru di Ngronggo, memang diharapkan bisa mengalir dan memenuhi kebutuhan pelanggan sekitar.” papar dia.

Lebih jauh Samino menjelaskan selama Lebaran, pihaknya kendati berharap kelancaran tetapi sudah siap mengantisipasi jika ada berbagai hal terkait penyaluran air bersih. Sebagaimana tahun sebelumnya, PDAM telah menyiapkan tanki stand by jika ada daerah yang kekurangan air.

“Selama Lebaran memang biasanya ada lonjakan penggunaan air bersih. Namun kita juga ada petugas piket yang akan memantau layanan PDAM selama Lebaran. Harapannya semua berjalan normal dan tidak ada keluhan apapun,” jelas Samino. Ia mengakui saat ini memang ada penurunan debit air namun belum sampai kepada kelangkaan air.

Sementara itu, Wali Kota Yuliyanto berharap kepada PDAM untuk terus menjadi terobosan untuk memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan. “Semua harus ditingkatkan, mulai dari mencari terobosan-terobosan baru dalam mencari sumber air. Terlebih sekarang teknologi yang sudah maju pasti memudahkan untuk menemukan sumber air dan menyalurkannya,” terang wali kota. (sas/lis)