FIF Pelopor Kredit Mudah Tanpa Jaminan

2758

SEMARANG – Bazar Murah Ramadhan Spektra PT FIF Group Semarang disambut antusias warga Kota Semarang. Berbagai vendor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kreatif memeriahkan bazar di halaman kantor PT FIF Group Jalan Pamularsih Nomor 71 Semarang, tersebut, kemarin. Di antaranya Samiraa Hijab, Umma Rajut, NH Distro, Konter Sembako, Eliza Organik, Raffa Collection, Ajaib Shop dan lain-lain.

Spektra sendiri, merupakan jaringan bisnis FIF Group, yang menggawangi kredit barang elektronik seperti televisi, mesin cuci, kulkas, AC dan lain-lain. Spektra bertekad memelopori kredit mudah tanpa jaminan. Hal ini menjawab anggapan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat bahwa kredit itu sulit. “Sebagaimana tagline kami Rp 170 ribu dengan KTP bisa bawa pulang barang elektronik seperti televisi, mesin cuci, kulkas, AC dan lain-lain,” kata Ryan Aditya, Officer Marketing Spektra. “Tinggal mengajukan saja bisa langsung proses di tempat dan tanpa survei. Masyarakat selama ini cenderung menganggap bila kredit itu ribet. Melalui program ini kami ingin menjawab bahwa kredit itu simple dan mudah, cukup membawa KTP, tanpa slip gaji, dan minimal usia 21 tahun,” bebernya.

FIF Group saat ini menjadi satu-satunya perusahaan pembiayaan yang mengucurkan dana untuk pengembangan usaha masyarakat. Bahkan pengucuran dana bisa mencapai Rp 25 juta tanpa agunan. Micro Financing Sales Officer, Iwan Susanto, mengatakan, pembiayaan modal usaha mikro ini bisa sampai Rp 25 juta, dengan ketentuan usaha costumer minimal berjalan 1 tahun. “Usaha apa saja yang penting bisa dilihat. Nanti ada verifikasi lapangan, apakah benar atau tidak usaha tersebut. Ada biaya administrasi di depan sebesar 5 persen dari pinjaman. Jika sudah ACC, uang pinjaman modal langsung masuk ke tabungan tanpa potongan sepeserpun, yakni Rp 25 juta tersebut utuh,” katanya.

Sedangkan di bidang pembiayaan syariah, terang Iwan, ada dua, yakni dana haji dan umrah. Dijelaskannya, layanan ini merupakan sebagai solusi talangan pembiayaan haji tanpa agunan yang ditangani oleh Amir Astra (Amitra), Grup Bisnis FIF.

Dari Rp 35 juta biaya haji, Amitra akan menalangi kewajiban awal yang harus disetor cash ke Kementerian Agama untuk mendapatkan kursi haji yakni sebesar Rp 25 juta. Nasabah bisa mengangsur sampai lima tahun. Sedangkan untuk pembiayaan umrah, masyarakat dengan cepat bisa menjalankan ibadah umrah terlebih dahulu. Sementara bayarnya belakangan dengan cara diangsur tidak perlu jaminan. “Kami juga bekerjasama dengan biro umroh yang tersertifikasi, jadi lebih aman. Adapun untuk jadwal keberangkatan tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan,” katanya. (amu/smu)