Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr. Wb. Kenapa di bulan puasa ini masih banyak orang yang menggunjing, berbohong dan melakukan hal yang tidak patut lainnya? Mohon tanggapannya. Terima kasih
Najih, 085727140XXX di Semarang

Jawaban :
Waalaikumussalam Warahmatullah Bapak Najih yang saya hormati dan dimuliakan Allah, seabagai seorang mukmin, berpuasa ramadan sebulan penuh adalah hal yang muthlak dan wajib dilakukan. Tapi, apakah sebenarnya puasa itu hanya menahan makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari? Dalam kitab bidayah hidayah, Rasulullah bersabda: “Kebanyakan orang yang menganggap puasa itu hanya menahan lapar dan dahaga. Padahal kesempurnaan puasa adalah mencegah seluruh anggota badan dari segala hal yang dibenci Allah Swt.

Dari hadits ini dapat dipahami bahwa hakikat berpuasa tak hanya menahan rasa lapar dan dahaga semata. Lebih dari itu, puasa juga menahan dan mencegah anggota badan kita dari segala sesuatu yang keluar dari aturan syariat Islam. Semisal, menjaga mulut dari perkataan yang tidak manfaat, menjaga mata dari pandangan yana semestinya dipandang, dan lain sebagainya.

Selain itu, kita berpuasa ramadhan mestinya menjaga anggota fisik atau badan kita yang bersifat jasmani, kita juga dituntut untuk menjaga rohani atau jiwa kita. Artinya, hati kita hendaknya juga dijaga dari berbagai penyakit hati, seperti dengki, fitnah, dan berbohong.

Marilah kita bersama, dalam bulan yang suci ini kita bersama meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah. Adapun bagi sebagian umat yang masih melakukan seperti yang Bapak Najih tanyakan, marilah kita bersama mendoakan agar mereka segera mendapat petunjuk dari Allah.

Semoga kita benar-benar termasuk umat Islam yang berpuasa Ramadhan dan diterima oleh Allah dan mendapat janji diampuni segala dosa kita selama ini serta mendapat surga dari Allah. Sekian jawaban dari saya, semoga ada manafaatnya dan barokah. Amiin. (*)