Muntah Karena Maag

316

Pertanyaan :
Assalamu’alaikum Yang terhormat bpk. KH. Ahmad Izzuddin. Mau tanya, saya kan mempunyai sakit maag, disaat saya puasa ini terkadang saya muntah tapi sedikit karena rasa mual. Terkadang juga muntah tapi air saja. Apakah puasa saya ini batal atau tidak? Tanpa disengaja. Terima kasih
Ulil Albab, 082325365xxx di Pekalongan

Jawaban :
Wa’alaikumussalam warahmatullah Bapak Ulil Albab yang saya hormati dan dimuliakan Allah, terima kasih atas pertanyaannya. Telah jamak kita ketahui sebelumnya bahwa termasuk rukun/fardlunya puasa adalah menahan diri dari segala yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Memang telah banyak menjadi perbincangan dikalangan medis non-muslim, apakah lambung kita tahan untuk tidak makan dan minum sedikitnya 12 jam?

Dari kalangan medis kemudian memaparkan bahwa dengan berpuasa, tubuh kita justru akan menjadi sehat dengan dasar argumen dan peneitian yang telah banyak diperbincangkan pula. Bahkan dalam suatu maqolah dikatakan, “Berpuasalah, maka kamu akan sehat”.

Termasuk perkara yang membatalkan puasa adalah muntah dengan sengaja. Maka apabila seseorang menyengaja muntah, maka batal puasanya. Terlebih ketika ia tahu bahwa menyengaja muntah dapat membatalkan puasa, dan secara sadar ia yakin tidak ada sebab yang bisa menjadikannya muntah.

Akan tetapi, apabila muntah-muntah itu tidak tertahankan lagi oleh seseorang yang mengalaminya, kemudian keluarlah ia dengan sendirinya tanpa ada unsur kesengajaan, maka puasa tersebut tidaklah batal. Seperti yang diterangkan dalam kitab fath-alqorib dan sulam at-taufiq.

Hendaknya memang selain kita berpuasa, kita juga menjaga pola makan kita. Terlebih ketika sahur dan buka, jangan terlalu berlebihan dan atur porsi makan dan minum, agar puasa kita tidak sekedar memenuhi kewajiban saja, melainkan dapat menyehatkan badan juga. Demikian jawaban dari saya, semoga ada manfaatnya dan barokah. Amin. (*)