Amalkan Ajaran Pramuka

333
Ifana Safitri (Dokumen PRIBADI)
Ifana Safitri (Dokumen PRIBADI)
Ifana Safitri (Dokumen PRIBADI)
Ifana Safitri (Dokumen PRIBADI)

MENGABDI untuk masyarakat telah menjadi cita-cita Ifana Safitri sejak lama. Untuk memperjuangkannya, ia mengawali pendidikan tingginya di program D III Kebidanan Akbid Pemkab Kendal hingga berhasil lulus pada 2013. Kemudian ia memilih Pramuka sebagai wadah untuk menyalurkan minatnya.

”Pramuka selalu mengajarkan anggotanya untuk selalu kasih sayang sesama manusia. Ini sesuai dengan darma kedua dari Dasadarma Pramuka, yakni Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia,” kata gadis yang akrab disapa Ifa itu kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ifa mengaku sangat menyukai kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan menolong sesama manusia, khususnya masalah kesehatan. Karenanya, ia kemudian bergabung menjadi salah satu anggota pengurus Dewan Kerja Daerah (DKD) Kwarda Jawa Tengah. Seabreg kegiatan yang menjadi sarana kegiatan pengabdiannya, antara lain Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Jawa Tengah, Pentaloka Saka Kencana Nasional, Geladi Posko SAR Pramuka, dan Workshop Saka Kencana.

“Sebagai pengurus DKD Jateng, saya juga sering ditugasi kegiatan selain yang berkaitan dengan kesehatan. Misalnya Raimuna Daerah IX, LPK Daerah XXIV tahun 2012, Persabhara, Perkemahan Wirakartika, Daerah, Pendidikan dan Pengembangan Karakter Bangsa Jawa Tengah, dan lain-lain,” beber gadis yang beralamatkan di Parakan, Rowosari, Kendal itu.

Tak puas hanya memiliki ijazah D III tersebut, gadis kelahiran Kendal 1 April 1992 itu kemudian melanjutkan studi ke program D IV Kebidanan Stikes Ngudi Waluyo, Ungaran hingga berhasil lulus pada 2015. Sembari menunggu kesempatan berkarya di dunia kesehatan seperti yang diidamkannya, Ifana setia bertugas di DKD Jateng sambil terus berkegiatan dan tetap mengabdi.

”Selain suka mengisi TTS (teka-teki silang), saya juga senang mendaki gunung. Beberapa yang berhasil saya taklukkan antara lain Gunung Ungaran, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet,” pungkas putri pasangan Syaefudin dan Suidah ini. (fai/aro/ce1)