Otak-Atik Unsur Kimia

352
Septyandini Widowati (DOKUMENTASI PRIBADI)
Septyandini Widowati (DOKUMENTASI PRIBADI)
Septyandini Widowati (DOKUMENTASI PRIBADI)
Septyandini Widowati (DOKUMENTASI PRIBADI)

KIMIA menjadi sebuah mata pelajaran yang sarat ilmu. Meski bagi sebagian orang bikin pusing, tapi Septyandini Widowati menganggap justru sebuah keasyikkan. Bahkan, sejak duduk di bangku SMA, gadis kelahiran Semarang, 22 tahun silam ini mengaku sudah hobi mengenal berbagai zat-zat kimia.

Andin – sapaan akrabnya –memang dikenal sebagai pribadi yang pendiam dan pemalu. Tapi, di balik itu dia gemar mengotak-atik bahan kimia yang berasal dari tumbuhan organik.

”Waktu SMA dulu saya paling suka pelajaran kimia, apalagi waktu praktik. Kimia itu menyenangkan, bisa tahu manfaat dan bahayanya,” jelas mahasiswi Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Ilmu Matematika, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Tak heran, kegemarannya itu pun berlanjut ke bangku kuliah. Ia tak pernah absen untuk terus mengembangkan hobinya tersebut. Berbagai pengalaman seperti membuat ramuan-ramuan kesehatan dari bahan alami pernah ia lakoni.

Kini gadis penyuka makanan pedas ini tengah sibuk meneliti zat-zat yang terkandung di dalam lengkuas. Dari risetnya, tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini terkandung zat kimia yang mampu menjadi penangkal asam urat.

Selain untuk tugas akhir, ia berharap penelitiannya itu mampu melahirkan terobosan untuk mengatasi penyakit asam urat. ”Saat ini sedang meneliti lengkuas. Menurut yang saya pelajari, ada zat-zat yang berguna untuk mengatasi asam urat. Ini yang sedang saya kembangkan,” katanya. (amh/aro/ce1)