SMP Teuku Umar Gelar Tasyakuran

679

SMP Teuku umar Semarang menggelar acara khataman Alquran 30 juz dalam rangka tasyakuran purnasiswa tahun ajaran 2015/2016. Kegiatan tahunan yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan ini dihelat 23-24/5 di halaman sekolah Jalan Karangrejo Timur 1/3 Semarang.

Pada hari pertama dilakukan pembacaan ayat suci Alquran juz 1-29 oleh semua siswa kelas VII-IX, kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran juz 30 khusus siswa kelas IX pada hari berikutnya. Pada hari kedua juga diadakan pentas seni sekolah sekaligus pemberian beasiswa bagi kelas IX yang berprestasi.

Sebagai institusi pendidikan modern yang bernapaskan Islam, SMP Teuku Umar memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak didik dengan menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keagamaan sesuai dengan tagline sekolah ”Ingin Cerdas? Ingin Religius? Sekolah di SMP Teuku Umar”.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya kegiatan keagamaan yang bisa diikuti siswa di sekolah. Kepala SMP Teuku Umar, Naniek Ekawati mengatakan, selain pendidikan akademis dan non akademis, sekolah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran keagamaan seperti Baca Tulis Alquran. Semua siswa diwajibkan untuk bisa membaca dan menulis Alquran, bagi siswa yang masih belum tuntas dan mengalami kesulitan akan diberikan klinik khusus di luar jam pelajaran.

Pada tahun ajaran mendatang SMP Teuku Umar juga akan mengadakan lomba keagamaan. Sekolah akan memfasilitasi anak-anak khususnya tingkat sekolah dasar yang mempunyai bakat dan minat di bidang keagamaan seperti baca tulis Alquran untuk ikut berpartisipasi. Selain di bidang keagamaan, sekolah juga memberikan wadah bagi siswa untuk mengaktualisasikan diri di bidang seni dan olahraga. Hal ini didukung dengan fasilitas yang tersedia di sekolah yakni adanya ruang seni dan lapangan futsal yang memadai. (zen/sct/ric/ce1)