SALATIGA – Pemkot Salatiga memberikan dana operasional kepada 80 modin di seluruh Kota Salatiga. Penyerahan dana operasional yang merupakan agenda tahunan tersebut diselenggarakan melalui Bagian Kesra Setda Kota Salatiga di Rumah Dinas Wali Kota, Jumat (27/5) pagi.

Jumlah dana operasional yang diterima modin mengalami kenaikan Rp 50 ribu dibandingkan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu para modin hanya mendapatkan Rp 800 ribu, kali ini mereka menerima Rp 850 ribu. Kenaikan tersebut merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa para modin yang telah bekerja melayani rakyat dalam hal keagamaan Islam seperti pernikahan, pemakaman, pengajian-pengajian dan perayaan hari besar Islam.

Tercatat penerima dana operasional modin sebanyak 80 orang yang terdiri dari 19 orang dari kecamatan Sidorejo, 21 orang dari Kecamatan Tingkir, sementara dari Kecamatan Sidomukti dan Argomulyo masing-masing 20 orang.

Wali kota Salatiga Yuliyanto mengungkapkan bahwa jumlah dana operasional yang diberikan oleh Pemerintah Kota Salatiga memang tidak sebanding dengan peran para modin dalam melayani masyarakat. “Saya berharap, akan selalu ada kenaikan untuk bantuan dana operasional modin setiap tahunnya,” ujar Yuliyanto. (sas/ton)