SALATIGA – Bawaslu akhirnya menetapkan tiga orang Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pilkada Salatiga. Mereka dilantik Senin (23/5) di kantor Bawaslu, Semarang.

Ketiga orang yang ditetapkan sebagai anggota Panwaslu Salatiga yaitu Arsyad Wahyudi, Dhomiri dan Agung Ari. Arsyad adalah muka lama. Mantan anggota Panwaslu lainnya, Mashuri dan Hidayah tersingkir dalam seleksi akhir.

Arsyad mengatakan, proses seleski Panwaslu dilakukan oleh tim seleksi (timsel) dari Provinsi Jateng. Tesnya meliputi tes administrasi, tertulis dan wawancara.

Dari hasil tes yang dilakukan oleh timsel itu, ditetapkan enam nama untuk dikirim ke Bawaslu. Kemudian nama yang lolos seleksi itu menjalani uji kelayakan dan kepatutan. “Dari hasil fit and proper test itu, Bawaslu akhirnya menetapkan tiga nama yang diumumkan pada Kamis (19/5) kemarin,” ujarnya.

Ditambahkan Arsyad, setelah ditetapkan, ketiga anggota terpilih dilantik dan menerima surat keputusan (SK) penetapan dari Bawaslu. “Senin (kemarin, red) dilantik bersama anggota Panwas Pilkada dari daerah lain di Jawa Tengah yang akan melaksanakan Pilkada di tahun 2017,” jelasnya.

Setelah dilantik Arsyad akan langsung melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Pemkot Salatiga terkait dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, termasuk anggaran. “Kami akan menemui wali kota untuk koordinasi terkait anggaran untuk Panwas,” imbuhnya.

Setelah sarana dan prasarana terpenuhi, Panwaslu akan membentuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di empat kecamatan yang ada. “ Sesuai agenda, sekitar bulan Juni, kami akan merekrut anggota Panwascam,” jelasnya. (sas)