Nyamar Tukang AC, Gasak Rp 50 Juta

223

UNGARAN–Beragam cara dilakukan pencuri untuk mengelabuhi penghuni rumah, untuk mendapatkan barang berharga yang diincarnya. Salah satunya berpura-pura menjadi tukang service AC sebagaimana yang terjadi di rumah Gede Ariawan, 45, di Griya Duta Mas B9 Kelurahan Kalirejo, Ungaran Timur.

Kejadian bermula saat kondisi rumah milik Gede sepi. Seperti biasa, pada pagi hingga siang hari, seluruh anggota keluarga tidak berada di rumah karena ia dan istrinya bekerja. Sedangkan anak-anaknya pergi ke sekolah.

Rumah tersebut hanya dijaga oleh seorang pembantu rumah tangga (PRT), Gunarti, 28 asal Desa Kalongan, Ungaran Timur. Sekitar pukul 09.00, rumah milik Gede disatroni dua orang laki-laki yang mengaku sebagai tukang service AC. Keduanya berdalih diminta sang pemilik rumah untuk membersihkan AC. Sembari berlagak akrab dan sopan, sang pencuri berhasil masuk ke dalam rumah dan mengelabuhi PRT tersebut.

Salah satu orang membersihkan AC dan salah satu berpura-pura membersihkan AC bagian dalam. Sementara Gunarti membersihkan bagian rumah yang lain. Tak lama kemudian, dua orang tersebut pamit pulang.

Namun hal tersebut ternyata tidak disadari oleh Gunarti bahwa dua orang tersebut berhasil menguras isi rumah. Gunarti semakin terkejut ketika melihat kamar sang majikan acak-acakan. “Langsung saya menelepon majikan saya,” kata Gunarti di depan polisi, Rabu (18/5) kemarin.