Kalangan DPRD Usulkan Pemberhentian Wali Kota

Masa Bakti Segera Berakhir

216

SALATIGA -DPRD Kota Salatiga, Senin (16/5) siang menggelar sidang paripurna dengan agenda pengumuman berakhirnya masa bakti kepemimpinan Wali Kota-Wakil Wali Kota Salatiga Yuliyanto-Muh Haris. Sidang paripurna yang dihadiri tiga pimpinan dewan dan semua anggota itu juga merekomendasikan surat pemberitahuan berakhirnya masa bakti Wali Kota-Wakil Wali Kota Salatiga kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jateng.

“Setelah paripurna pengumuman masa berakhirnya tugas Wali Kota-Wakil Wali Kota, dilanjutkan dengan penandatanganan rekomendasi oleh pimpinan dewan. Setelah ditandatangani langsung kita kirim ke Kemendagri melalui Gubernur Jateng,” ujar Wakil Ketua DPRD Salatiga M Fathurahman.

Dijelaskan Fathurahman, paripurna pengumuman berakhirnya masa bakti kepemimpinan Wali Kota-Wakil Wali Kota itu sesuai amanat undang-undang. Sehingga agar pihak terkait menyiapkan penjabat (Pj) untuk mengisi kekosongan tersebut.

Sementara Ketua DPRD Salatiga Teddy Sulistiyo mengatakan, sidang paripurna ini tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015. Dijelaskan dia, undang-undang yang juga sebagai Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 itu mengatur agar DPRD mengusulkan pemberhentian pimpinan daerah dan pelaksanaannya paling lambat sebulan sebelum masa kepemimpinan kepala daerah berakhir.

”Artinya jika masa berakhir yakni 11 Juli 2016, paling lambat usulan dilaksanakan 11 Juni 2016. Namun kami sudah agendakan pada hari ini (kemarin, red),” imbuhnya.