30 SMA/SMK Beradu Kreatif dan Inovasi

224

SEMARANG – Sebanyak 30 sekolah dari berbagai daerah di Indonesia bersaing dalam Creanovation Award 2016 di Kampus Udinus Semarang, Minggu (15/5). Sebelumnya panitia telah melakukan eliminasi, dari jumlah total 140 peserta SMK/SMK se-Indonesia untuk bersaing di grand final.

Ketua Panitia Acara Tita Talita, mengatakan jika peserta lomba harus bisa menciptakan produk dan kreasi yang inovatif dalam bentuk gagasan, ide, model, produk dan purwarupa. Lomba sendiri dibagi menjadi lima kategori yakni olahan makanan, perkakas atau alat bantu, game dan penalaran, green technology dan kategori lain. ”Kriteria penjurian adalah keberlanjutan pengembangan, estetika dan nilai manfaat produk yang dihasilkan,” katanya kemarin.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dari Fakultas Teknik Udinus di bidang pendidikan terhadap peningkatan kreativitas dan inovasi dari generasi muda. Tita berharap Creanovation Awards 2016 dapat meningkatkan peran generasi muda baik di dunia pendidikan maupun industri. ”Kami berharap dari kegiatan ini peran pemuda pada pendidikan dan industri dapat terus meningkat,” imbuhnya.

Seperti salah satu karya dari SMKN 7 Semarang yang diberinama Robot Control via Bluetooth (RCVB), berani tampil dan unjuk kebolehan di Creanovation Award 2016. ”Robot ini dikembangkan dengan aplikasi Gadget Berbasis Android sebagai pengendali robot melalui konektifitas bluetooth sebagai sarana permainan dan edukasi,” ujar Rizal Iqbal Ahyadi, salah seorang pembuat robot RCVB. (den/ric/ce1)