DEMAK-Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk infrastruktur di wilayah Demak dikucurkan sebesar Rp 54 miliar. Dana tersebut untuk betonisasi jalan, pembangunan jembatan dan lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Pertambangan dan Energi (DPUPPE) Pemkab Demak, Doso Purnomo melalui Kabid Bina Marga Akhmad Sugiharto mengatakan, dana miliaran rupiah tersebut dipakai untuk membangun 23 ruas jalan yang menyebar di beberapa kecamatan. Termasuk, untuk pelebaran Jalan Onggorawe-Bulusari Rp 4 miliar dan Mranggen- Bulusari Rp 4 miliar. Kemudian, ruas Surodadi-Morodemak Rp 2,5 miliar, ruas Tanjunganyar-Wilalung Rp 500 juta, dan ruas Gedangalas-Tanjunganyar Rp 2,5 miliar.

Pemkab Demak, kata dia, memprioritaskan pembangunan Jembatan Bonang dan Ngawen, Wedung. Masing-masing Rp 1 miliar. “Banyak jembatan yang usinya sudah tua dan butuh perbaikan,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, upaya lain adalah pembangunan jalan ruas Kiai Singkil (belakang kabupaten), Jalan Sultan Fatah dan Jalan Kiai Mughni dengan penebalan aspal hotmix. (hib/ida)