SEMARANG – Jawa Tengah mulai memiliki magnet yang kuat bagi para investor. Buktinya, saat ini sudah ada sejumlah investor yang mengajukan izin pembangunan 12 pabrik semen. Ini karena Jateng memiliki sumber daya alam berupa material bahan baku semen yang melimpah.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng, Teguh Dwi Paryono, mengatakan, saat ini para investor sudah dalam proses pengajuan izin ke pemerintah daerah setempat. Pendirian pabrik semen rencananya ada di Grobogan, Blora, Rembang, Boyolali, Wonogiri, Kebumen, dan sejumlah daerah lain.

”Iya sudah ada investornya yang bakal membangun 12 pabrik semen di Jateng,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Saat ini, dari beberapa pengajuan itu sudah proses pembuatan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Seperti di Grobogan, Kebumen, dan Rembang. Investor tertarik membangun pabrik semen karena kandungan material bahan baku semen di Jateng sangat melimpah.

”Sebenarnya selama ini sudah banyak yang mengambil material dari Jateng, tapi pembuatan semennya di luar Jateng,” ujarnya.

Meski begitu, Pemprov Jateng tidak serta-merta mengeluarkan izin. Pihaknya memastikan semua prosedur harus dilalui agar benar-benar tidak melanggar aturan. Sebab, pembangunan pabrik di Jateng bakal bisa berdampak pada peningkatan perekonomian warga.

”Ya, warga jangan hanya melihat dulu dari sisi keburukannya. Semua harus sesuai prosedur agar tidak ada yang dirugikan,” katanya.