SEMARANG – Libur panjang akhir pekan ini tidak lantas membuat dunia pariwisata di Kota Semarang sepi. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana menggelar event Semarang Night Carnival (SNC) 2016 pada 7 Mei 2016 mendatang dan Festival Waduk Jatibarang (FWJ). Sehingga sejumlah hotel dan tempat wisata dipastikan akan menjadi ramai.

”Kemarin kita sudah di-briefing oleh wali kota dalam rangka menghadapi libur panjang. Selain menjaga kondusivitas Kota Semarang melalui kebersihan dan keamanan, juga meningkatkan pariwisata,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Masdiana Safitri kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (4/5).

Dalam hal ini, lanjut dia, pihaknya akan menggelar SNC 2016 yang sebelumnya telah di-launching di Jakarta. Selain itu, masing-masing destinasi wisata yang ada di Kota Semarang akan disuguhi berbagai atraksi yang menarik sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan. ”Nantinya akan ada sesuatu yang berbeda dibandingkan hari biasa,” klaimnya.

Masdiana menambahkan, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh tempat hiburan di Kota Semarang untuk memberikan sajian dan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung. Sejumlah hotel juga telah menyatakan akan ikut berpartisipasi dengan membawa tamunya untuk menikmati suguhan SNC 2016 di Kota Semarang. ”Tidak hanya itu saja, sejumlah daerah sekitar juga menyatakan ingin bergabung di sini sehingga dipastikan akan banyak wisatawan baik domestik maupun luar negeri yang akan berlibur di Semarang,” tukasnya optimistis.

Tak hanya SNC, Semarang akan mengadakan Festival Waduk Jatibarang pada tanggal 7-8 Mei 2016. Acara yang akan diadakan selama 2 hari tersebut mengangkat tema Pariwisata Semarang. Sesuai dengan temanya, maka festival ini akan dibuka dengan tari Gambyong oleh sanggar Kemurten Semarang dan tari Yapong.

Acara terdiri atas lomba mewarnai untuk TK A dan TK B yang juga dimeriahkan oleh Kak Jendro yang akan membawakan story telling kepada peserta lomba mewarnai.

Bertempat di Lapangan Waduk Jatibarang (depan Wisata Perahu) juga diramaikan oleh lomba burung berkicau yang memperebutkan piala wali kota. Pada tanggal 8 Mei akan dilanjutkan dengan kontes busana adat Jawa Tengah atau kreasi batik untuk kategori usia 5-10 tahun. Di tempat yang berbeda ada Semarang City Touring. Rally santai yang ditujukan untuk komunitas mobil di Semarang ini akan mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Semarang dengan rute start di museum Mandala Bhakti – Sam Poo Kong – Marina – Kota Lama – MAJT – Pagoda – Finish di Waduk Jatibarang.
Acara ini juga diramaikan oleh bazar kuliner rakyat, terdiri atas 30 stan UMKM di Semarang. (fai/zal/ce1)