kiri-LEBIH-DEKAT---GAYATRI-(2)-web

KOPERASI banyak dipandang sebelah mata. Tapi bagi Gayatri Indah Cahyani, koperasi mampu menyejahterakan perekonomian rakyat. Sejarah telah membuktikannya. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah ini yakin, koperasi bisa jadi soko guru perekonomian rakyat.

Dia mengakui, koperasi tidak bisa maju jika begitu begitu saja. Sesuai dengan fungsinya sebagai badan usaha, tentu saja pengelola koperasi harus memenuhi kriteria bisnis yang standar. ”Koperasi tidak harus dikasihani. Kalau dikasihani dengan berbagai kemudahan dan bantuan sosial, malah tidak bakal maju, hanya menambah deretan panjang koperasi papan nama,” beber sarjana Teknik Pertanian jebolan UGM ini.

Pemberdayaan koperasi, lanjutnya, harus dilakukan melalui kontrol ketat terhadap kelembagaanya. Bukan semata menyebarkan bantuan dana murah ataupun bantuan sosial lainnya. Menurut perempuan kelahiran Solo, 31 Mei 1957 ini, menolong koperasi tidak melulu identik dengan kucuran dana murah. Hal mendesak jusrtru membangun dan memperkuat kelembagaannya sehingga pelayanan koperasi bisa menjangkau seluruh lapisan anggota dan masyarakat.

”Kami mendukung tanpa mencampuri urusan bisnisnya dengan anggota. Tugas kami hanya mengawasi kelembagaan dan organisasinya yang sesuai dengan prinsip perkoperasian. Tidak boleh ada ego dalam kepengurusannya karena koperasi bukan milik orang per orang,” tegasnya. (amh/ric/ce1)