Tim Seleksi Terima 221 Masukan Warga

208

SEMARANG – Tim seleksi calon panitia pengawas pilkada di tujuh kabupaten/kota di Jateng telah menerima banyak tanggapan dari masyarakat. Umumnya memberikan masukan atas nama-nama calon panitia pengawas pilkada di Jateng.

Ketua Tim Seleksi Calon Pengawas Pilkada di Jateng, Hasyim Asy’ari, mengatakan, sejak kanal masukan dan tanggapan dibuka pada 25 April 2016 lalu, hingga kini sudah ada 221 masukan ke tim seleksi. Sebanyak 221 masukan dan tanggapan itu dikirim melalui pesan pendek (SMS) sebanyak 190, via email tim seleksi 16, via website 11, dan masukan yang dikirim melalui surat 4 buah. ”Masukan paling banyak kami terima melalui SMS,” katanya.

Hasyim menambahkan, tanggapan dan masukan dari masyarakat kepada tim seleksi itu berisi berbagai informasi. Ada yang memberikan informasi tentang integritas calon, ada informasi soal rekam jejak calon, ada yang berisi dukungan, rekomendasi dan lain-lain.

”Pemberi tanggapan dan masukan juga beragam, mulai dari masyarakat biasa, aktivis LSM, perguruan tinggi, pengurus organisasi/lembaga sosial keagamaan dan lain-lain,” ujarnya.

Hasyim menyampaikan, ucapan terima kasih atas banyaknya respons masyarakat terhadap proses seleksi calon pengawas pilkada di Jateng. Masukan masyarakat itu akan menjadi salah satu bahan dalam tahap tes wawancara. ”Kami bisa mengklarifikasi terhadap calon,” katanya.

Saat ini, seleksi panwas sudah masuk dalam tahapan tes wawancara yang diikuti 77 orang. Sebanyak 77 orang tersebut adalah pendaftar yang lolos dalam tahapan seleksi tes tertulis. Sebanyak 77 orang itu tersebar di 7 kabupaten/kota di Jateng yang akan menggelar pilkada 2017 dengan jumlah masing-masing kabupaten/kota sebanyak 11 pendaftar. (fth/aro/ce1)