Karsono (ISTIMEWA)
Karsono (ISTIMEWA)
Karsono (ISTIMEWA)
Karsono (ISTIMEWA)

JATENG punya banyak potensi seni budaya yang bisa dikembangkan menjadi tontonan megah. Sayang, hal itu tidak bisa menjadi kenyataan lantaran kurangnya tempat untuk mengembangkan kreasi.

Alasan inilah yang membuat anggota Komisi E DPRD Jateng Karsono ingin memaksimalkan fungsi Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta. Dia ingin taman budaya memiliki database mengenai semua seni budaya yang ada di Jateng. Dari data tersebut, akan keluar deskripsi berupa audio visual masing-masing daerah .

”Misalnya Purbalingga ada Ebeg. Sehingga nanti output-nya dari database terpadu misalkan foto-foto yang bisa ditampilkan ketika pengunjung masuk,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan Taman Budaya Jateng bisa dijadikan sebagai laboratorium atau bengkel budaya. Dengan itu, bisa tercipta seni budaya baru dengan mengkolaborasi antara budaya lama dengan budaya terkini.

”Seni budaya itu kan sifatnya dinamis sehingga Taman Budaya Jateng sangat berpeluang untuk menciptakan budaya baru yang produktif dengan memadukan budaya lama dan budaya kekinian,” harapnya. (amh/ric/ce1)