Tonjolkan Persamaan daripada Perbedaan

289
Iman Fadhilah (DOKUMEN PRIBADI)
Iman Fadhilah  (DOKUMEN PRIBADI)
Iman Fadhilah (DOKUMEN PRIBADI)

MARAKNYA kasus intoleransi yang terjadi akhir-akhir ini disebabkan masih rentannya masyarakat dalam menerima dan mengadopsi narasi ekstremisme. Alih-alih melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar, mereka justru terlibat dalam aksi-aksi sweeping dan tindak kekerasan.

”Hal ini yang harus kita hindari. Terutama di kalangan anak muda. Sebab, mereka termasuk golongan yang rentan,” ungkap Ketua Forum Kerukunan Antar Umat Beragama Generasi Muda (FKUB GM) Jawa Tengah, Iman Fadhilah.

Dengan adanya FKUB GM Jawa Tengah, lanjut dia, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerukunan antarumat beragama khususnya di kalangan pemuda. Selain itu, juga mendorong terbentuknya FKUB GM di sejumlah daerah khususnya yang masih banyak ditemukan kasus intoleransi. ”Dari 35 kabupaten/kota, baru ada delapan yang telah memiliki FKUB GM,” akunya.

Di antara beberapa kegiatan yang mereka lakukan meliputi dialog antaragama, seminar, dan kemah pemuda lintas agama. Menurutnya, tujuan akhir dari kegiatan tersebut adalah muncul kesamaan pandangan tentang pentingnya kebersamaan dan kedamaian. ”Bukan mencari perbedaan, akan tetapi menemukan persamaan,” pungkas salah satu dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang itu. (fai/ric/ce1)