Saluran Irigasi Demak Timur Jadi Prioritas

1140

DEMAK-Perbaikan saluran irigasi di wilayah Demak bagian timur kini menjadi prioritas Pemkab Demak. Karena itu, pada tahun ini dilakukan rehab secara besar-besaran dengan sistem proyek multi years. Titik kerusakan yang diperbaiki ada di daerah irigasi (DI) Klambu Kiri dan Sedadi. Dua saluran itu masuk sistem irigasi Waduk Kedungombo.

Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Pertambangan dan Energi (DPUPPE) Pemkab Demak, Sutiyono mengatakan, saluran irigasi Demak Timur sangat vital karena menjadi tulang punggung pertanian di Kota Wali. “Karena itu, kondisi pembenahan kerusakan irigasi sudah dimulai di bagian timur,” katanya.

Sedangkan, sistem irigasi Jragung di daerah Demak bagian selatan dapat dilakukan setelah terealisasi Waduk Jragung. Rencana semula, waduk tersebut diwujudkan pada 2017 nanti. Namun, karena terkendala pembebasan atau penyelesaian lahan, maka mundur pada 2018. “Detail Engineering Design (DED)-nya sudah siap,” ujarnya.

Dengan adanya Waduk Jragung itu, diharapkan dapat menjadi pengendali banjir di daerah tersebut. Selain itu, musim tanam bisa dilakukan lebih awal. Kemudian, untuk wilayah Demak bagian utara, masih menunggu penyelesaian pembangunan bending karet Jebor.

Bendung itu, kata dia, dinilai mampu mengangkat produktivitas pertanian serta ketersediaan air baku PDAM. “Untuk wilayah Demak bagian barat, Sayung dan sekitarnya, sesuai tata ruang dan wilayah (RTRW) sudah menjadi kawasan industri. Jadi, agak susah,” katanya. (hib/ida)