20 Universitas Meriahkan Kompetisi FIT

212

SALATIGA – Tim dari UKSW, STMIK MDP Palembang dan Universitas Indonesia berhasil menyabet gelar juara dalam gelaran FIT Competition 2016 yang diikuti 20 universitas, akhir pekan kemarin di wisma Baptis Bukit Soka.

FIT Competition adalah lomba di bidang jaringan, mobile dan web yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPTI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Lomba ini berlangsung mulai Kamis (21/4).

Tim UKSW mendapat juara kategori web disusul oleh Universitas Kristen Petra dan Universitas Tanjung Pura. Kategori mobile disabet STMIK MDP Palembang, kemudian Universitas Kristen Petra dan Universitas Atmajaya Yogyakarta. Sementara untuk kategori jaringan juara 1 dan 2 diraih Universitas Indonesia dan juara 3 diraih Telkom University.

Tercatat 27 tim dari 20 universitas negeri dan swasta di Indonesia mengikuti FIT Competition tahun ini. Mengambil tema Change the World, dalam kompetisi ini peserta diminta untuk membuat aplikasi baik berbasis web dan mobile yang berguna untuk banyak orang dalam kaitannya menjawab permasalahan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Universitas tersebut antara lain Universitas Indonesia, Universitas Kristen Petra, Universitas Negeri Gorontalo, Telkom University, Institut Teknologi Bandung, Sekolah Tinggi Teknokrat Bandar Lampung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Bina Nusantara dan Universitas Tanjungpura.

Rektor UKSW John Titaley menyambut baik kegiatan ini. “Nikmati prosesnya, bukan hanya mengejar hadiahnya saja. Dengan kegiatan semacam ini kita bisa mengejar ketinggalan kita dibidang teknologi informasi dan negara ini akan bekembang lebih baik lagi,” kata Rektor.

Ketua panitia FIT Competition 2016 Minggus Meichel Morra menuturkan, total hadiah yang diperebutkan tahun ini adalah 30 juta rupiah. Selain trofi dan sertifikat, untuk setiap kategori juara pertama mendapatkan Rp 5.000.000, sedangkan juara kedua Rp 3.000.00 dan juara ketiga Rp 2.000.000. Tahun ini adalah tahun kedua penyelenggaraan FIT Competition. “Khusus untuk kategori mobile, selain uang tunai, trofi dan sertifikat panitia juga akan memfasilitasi pendaftaran hak cipta aplikasi yang dibuat,” imbuh Minggus Meichel Morra.(sas/lis)