CABOR PRIORITAS: Para atlet tarung derajat pelatda Jateng saat berlatih beberapa waktu lalu di Semarang. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
CABOR PRIORITAS: Para atlet tarung derajat pelatda Jateng saat berlatih beberapa waktu lalu di Semarang. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tim tarung derajat Jateng semakin optimistis menghadapi PON XIX 2016 Jabar, September mendatang. Keyakinan ini melihat perkembangan petarung dalam pemusatan latihan yang dijalani. Meski diakui cukup berat, provinsi ini tetap yakin bisa kembali meraih juara cabang tersebut pada ajang multicabang empat tahunan tersebut.

”Persaingan di Jabar bakal jauh lebih berat dibanding PON XVIII 2012 Riau lalu jadi anak-anak wajib kejra ekstra keras. Tapi kami tetap yakin bisa berbicara banyak bahkan juara umum. Dari sembilan kelas dan dua nomor gerak yang Jateng ikuti, kami menargetkan semuanya mendapatkan medali. Lalu lima diantaranya adalah emas,” kata Ketua Harian Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jateng PI Soegiharto.

Jumlah tersebut, kata pria yang juga pengacara tersebut, adalah yang realistis untuk bisa mempertahankan juara umum. Karena itu, dia meminta semua atlet fokus penuh menjalani pelatda dan siap saat ajang multicabang empat tahunan itu digelar. Soegiharto juga meminta, petarung mematangkan teknik dan strategi bertarung di pemusatan latihan.

”Melihat perkembangan mereka, cukup baik meski banyak yang harus didorong. Jateng sekarang ini sudah menjadi salah satu sentra perkembangan olahraga ini di Indonesia bersama Jabar. Mau tidak mau, petarung harus siap untuk PON XIX nanti. Jika memang merasa tidak mampu, lebih baik mundur karena kami ingin yang terbaik. Yang penting, bagaimana nanti petarung bisa bertarung cerdik. Artinya, harus bisa bertanding efektif tanpa harus membuang energi dan bisa membaca strategi lawan. Hal inilah yang saat ini ditekankan pada program pemusatan latihan,” tandasnya. (bas)