SEMARANG – Seorang pelaku pencurian bernama Candra Putra Bahari, warga Jalan Karanggawang Barat, Kelurahan Tandang, Tembalang babak belur dihajar massa. Aksinya dipergoki warga usai menggasak ponsel dan laptop di sebuah rumah kos di Kelurahan Jomblang Legok, RT 5 RW 1, Candisari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Semarang, peristiwa pencurian terjadi Sabtu, (23/4) menjelang subuh. Aksi yang dilakukan pelaku hanya seorang diri tersebut dengan cara melompat pagar rumah sebelum mengobok-obok kamar rumah kos yang dihuni Nilansari Nur Widowati, 24, warga asli Karanganyar. “Malingnya jalan kaki, lalu masuk rumah lompat pagar depan,” ungkap saksi mata warga sekitar, Achmad.

Dia mengatakan pelaku sempat berhasil membawa sejumlah barang milik penghuni kos. Nahas, ketika pelaku keluar dari rumah kos tersebut dipergoki warga sekitar lantaran gerak-geriknya dicurigai saat menggondol sejumlah barang. “Orangnya lari, lalu dikejar sampai di daerah Jalan Cinde Barat, ya kurang lebih 1 km dari tempat kos,” katanya.

Setelah kejar-kajaran dengan warga, pelaku pencurian tersebut berhasil ditangkap. Lantaran merasa geram, warga yang melihat kejadian tersebut langsung mendekati korban dan melayangkan pukulan terhadap pelaku hingga babak belur. “Tertangkap di Cinde Gang 6 itu langsung dipukuli warga. Kata orang-orang yang melihat mukanya babak belur, wajahnya ada yang sobek,” jelasnya.

Beruntung petugas yang mendapat informasi kejadian itu langsung turun ke lokasi. Pelaku langsung diamankan petugas untuk menghindari amukan massa dan selanjutnya dibawa ke Polsek Candisari untuk pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut.

Terpisah, Kapolsek Candisari, Iptu Dayta mengatakan hasil pengembangan di Kepolisian, pelaku juga berhasil menggondol sebuah dompet atas nama Prasetyo, 23 warga asli Pati, penghuni kos di Jalan Cinde Barat 6, Candisari, Semarang. Dompet tersebut berisi sejumlah uang sekitar Rp. 150 ribu, ATM Danamon, kartu identitas seperti KTP dan SIM. “Saat ini pelaku masih ditahan dan dalam pemeriksaan untuk penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan maupun rumah pribadi masing-masing. Bahkan pihaknya sendiri juga akan meningkatkan patroli rutin lantaran sekarang ini pelaku tindak kejahatan beraksi menjelang pagi hari. (mha/ric)