Perempuan Masa Depan Tak Saling Mengeksploitasi

Hj Lili Widojani, Pengusaha Biro Perjalanan Kaisa Rossie

184

KAISA-ROSIE_NURCHAMIM-(2)-web

KARTINI masa depan, bagi Hj Lili Widojani, pengusaha Biro Perjalanan Kaisa Rossie di Kota Semarang adalah perempuan yang memiliki pandangan terbuka, cerdas, berwawasan luas, tanggap dengan lingkungannya, dan memiliki visi ke depan. Namun, Kartini masa depan, juga bukan perempuan yang mengeksploitasi suaminya atau dieksploitasi suaminya. Namun tahu tanggung jawabnya sebagai istri atau ibu rumah tangga dan sebagai pekerja di ruang publik.

“Ibu kita Kartini di waktu itu, memang gadis pingitan, namun memiliki pandangan yang luar biasa. Karena dia sudah bisa berkomunikasi dengan orang luar negeri dengan berkirim surat. Jadi pergaulan dan komunikasi sangat berperan penting dalam mendewasakan perempuan,” kata ibu tiga anak ini.

Dia memandang sebagian besar perempuan Indonesia telah memiliki semangat Ibu Kartini. Itu bisa dilihat, sudah banyak perempuan yang menekuni beragam profesi. Meski masih ada sebagian perempuan masih ada yang belum.

“Tuhan menciptakan perempuan sebagai makhluk yang unik dengan banyak kelebihan. Selain bisa bekerja mencari nafkah, bisa memiliki dan mengurus anak serta suaminya. Bahkan, naluri perempuan lebih tangguh dalam menjalankan tanggung jawabnya. Namun di dalam keluarga, tetap harus menghormati suami. Karena agama mengajarkan begitu,” terangnya.