Sri-Darwati3-web

HARI Kartini yang jatuh pada 21 April ini menjadi momentum bagi kaum perempuan untuk terus meningkatkan kualitas hidup melalui berbagai aktivitas atau bidang yang ditekuni untuk kesejahteraan keluarga, bangsa dan negaranya. Di Kabupaten Demak misalnya, semangat Kartini ini terus digelorakan hingga sekarang.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Demak, Sri Darwati Pringgolaksito mengungkapkan, pada Hari Kartini ini, pihaknya mengusung tema khusus. Yakni, dengan semangat Kartini kita tingkatkan kualitas keluarga melalui generasi sehat, ekonomi kuat, dan perempuan bermartabat.

“Pada intinya, apapun itu, pendidikan tetap menjadi yang utama. Karena itu, kesuksesan generasi penerus harus kita mulai dari pendidikan di lingkungan terkecil, yakni keluarga. Sebab, ibu selaku perempuan atau Kartini-Kartini masa depan punya tanggung jawab untuk mendidik dan mempersiapkan putra-putrinya menjadi generasi penerus bangsa,”ujar perempuan kelahiran Demak, 20 Desember 1964 ini.

Menurutnya, tanggung jawab itu selaras dengan visi Dharma Wanita Persatuan. Yakni, menjadi organisasi istri pegawai aparatur sipil Negara (ASN) yang profesional dalam memperkuat peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa.

Sri Darwati mengatakan, sekarang ini telah banyak perempuan yang berprestasi di luar rumah tangga (RT). Semua itu, kata dia, tidak lepas dari sosok Ibu Kartini yang telah menginspirasi banyak kaum perempuan di Indonesia, termasuk di Demak. “Dulu kan Kartini terbelenggu dalam rumah tangga. Namun, sekarang sudah banyak wanita yang berperan di luar rumah tangga,”katanya.