Haul Ki Ageng Getas Tuai Pro dan Kontra

294

DEMAK-Aparat kepolisian melakukan pengamanan prosesi haul Ki Ageng Getas Pendowo ke-6 yang digelar di Desa Getas, Kecamatan Wonosalam. Ini dilakukan karena terjadi pro kontra di masyarakat terkait dengan kegiatan haul tersebut.

Kapolres Demak AKBP Heru Sutopo melalui Kabagops Kompol Sutomo mengatakan, lokasi haul dilakukan pengamanan dari Polsek Wonosalam. Haul ditandai dengan wisuda Abdi Dalem Keraton Surakarta Hadiningrat. Haul dihadiri warga dari berbagai daerah, yakni Demak, Pati, Grobogan dan warga desa sekitar.

Menurutnya, dalam haul ini juga dilakukan pengukuhan Abdi Dalem oleh Ratu Alit dari Kasunanan Surakarta. “Kami melakukan pengamanan,” katanya.

Menurut Kompol Sutomo, informasi yang diterima bahwa ada sebagian masyarakat Desa Getas yang tidak setuju dengan kegiatan haul tersebut. Ini karena makam yang ada di kampung itu dianggap bukanlah Makam Ki Ageng Getas Pendowo. Sebab, makam yang sebenarnya berada di daerah Purwodadi, Grobogan. Selain itu, warga juga ada yang tidak mengakui Ki Ageng sebagai punden leluhur masyarakat Desa Getas. (hib/ida)