Segera Distribusikan Dana Desa Rp 77 M

166

UNGARAN–Pemkab Semarang telah menerima kucuran Dana Desa sebesar Rp 77 miliar untuk tahap pertama di tahun 2016. Saat ini, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Semarang sedangan memproses transfer Dana Desa dari kas daerah ke rekening kas milik 208 desa.

Kepala DPPKAD Kabupaten Semarang, Abdullah Maskur mengatakan dana desa tahap pertama telah ditransfer per 31 Maret 2016. “Tinggal proses perbendaharaan. Begitu selesai, langsung kami minta Bank Jateng untuk memindahkan dari rekening kas daerah ke rekening desa,” kata Maskur, Senin (18/4) kemarin.

Maskur menjelaskan mekanisme pencairan Dana Desa pada tahun ini memang berbeda dibanding tahun 2015. Pada tahun lalu, pemerintah pusat membagi dalam tiga tahap pencairan dan mulai tahun 2016 diubah menjadi dua tahap. Perubahan ini berkonsekuensi pada penyesuaian desa, mulai dari perencanaan kegiatan hingga pelaporan penggunaan Dana Desa.

Termasuk dari sisi administrasi pengajuan pencairan dari kas daerah ke rekening kas desa. Karenanya, ada jeda waktu sekitar dua pekan antara transfer pusat ke kas daerah dengan pencairan kas daerah ke rekening kas desa. “Kemarin, desa masih agak repot dengan perubahan dari tiga kali menjadi dua kali pencairan. Mereka harus menghitung ulang untuk melakukan pencairan dan itu sudah dilakukan desa. Saat ini, kami proses, karena SPP (surat permintaan pembayaran)-SPM (surat perintah membayar) ada di kami,” katanya.

Maskur berharap ketika Dana Desa sudah cair, pihak desa bisa memanfaatkan uang tersebut secara hati-hati. Maksudnya, desa diminta untuk tidak terlalu banyak memegang uang dalam bentuk tunai. Desa diharapkan mengeluarkan uang sesuai kebutuhan, sisanya tetap di rekening kas desa. Dengan demikian, potensi kehilangan uang bisa diminimalisasi.

“Kalau diambil lebih dari kebutuhan, nanti malah merepotkan. Nanti menyimpannya dimana. Kami berharap masing-masing desa tidak memegang uang cash lebih dari Rp15 juta sehingga tidak gampang ketlingsut (hilang) dan sebagainya,” tuturnya.