Krido Turonggo Sari Juara Festival Reog

387

SALATIGA – Grup reog Krido Turonggo Sari (Purwosari, Noborejo) berhasil menjuarai festival reog yang diadakan di Kauman Kidul, Minggu (17/4) lalu. Acara yang dibuka Wali Kota Yuliyanto ini diikuti 11 grup dengan total 340 pemain.

Yuliyanto meminta grup kesenian khususnya reog senantiasa menjaga apresiasi seni yang ditekuni serta mewujudkan kebersamaan. “Ajang festival seperti ini sebagai media peningkatan apresiasi seni yang ditekuni, khususnya seni rakyat yang ada di Salatiga. Selain itu, ajang festival juga sebagai media kebersamaan antar seniman sebagai ajang silaturahmi dan peningkatan kebersamaan antar seniman,“ terang Yuliyanto.

Festival Reog Kota Salatiga 2016 serasa spesial karena dikunjungi dan diamati oleh mahasiswa dan dosen pembimbing dari Institut Seni Indonesia Surakarta. Kemudian beberapa mahasiswa secara spontan juga menyumbangkan sebuah tarian di akhir festival, pada saat dewan juri mengadakan rapat.

Sementara hasil keputusan juri, juara II disabet Turonggo Mudho Budhoyo (Kenteng, Tegalrejo) dan juara III Lestari Budi Tamtomo (Tegalrejo, Argomulyo). Juara harapan I diraih Kridho Budoyo (Warak, Dukuh, Sidomukti) dan harapan II Krido Laras Mudo (Klaseman, Mangunsari, Sidomukti). (sas/ton)