SEMARANG – FEB Undip Semarang akan membuka kelas internasional dalam ujian mandiri (UM) yang akan diselenggarakan Juni 2016 mendatang. Sarana dan prasarana penunjang untuk kelas internasional sudah disiapkan. Termasuk peningkatan kapasitas dosen pengajar dan membuat jejaring mitra kampus di luar negeri untuk meningkatkan internatonal exposure mahasiswa.

Dekan FEB Undip, Dr Suharnomo, mengatakan, pihaknya bersama Wakil Dekan Dr Amie Kusumawardhani dan Kepala International Office Dr Mirwan Surya Perdhana melakukan lawatan ke Eropa dengan mengunjungi enam negara. Yakni Perancis, Belanda, Denmark, Finlandia, Luxemburg dan Swedia. Selama kunjungan di enam negara tersebut FEB Undip menjalin kerja sama dengan beberapa universitas seperti Sorbonne, Nantes, Brest, LeHavre (Perancis), Freije Universiteit (VU) Amsterdam, Saxion Applied Science (Belanda), Haaga Helia University, Lahti University, Jyvaskila University, Turku University (Finlandia) dan Copenhagen Business School (Denmark). Selain itu juga berkunjung ke Luxemburg University dan Universitas Malmo Swedia.

”Sebagain besar universitas tersebut sudah melakukan komunikasi intensif untuk penyamaan kurikulum dengan FEB Undip agar masing-masing mata kuliah diakui di universitas mitra,” katanya.

Ditambahkan Suharnomo, kerja sama yang dilakukan meliputi menyelenggaraan Double Degree (DD), Credit Transfer System (CT, summer school, lecturer exchange dan research collaboration and joint publication). Selain itu juga melakukan courtessy call dengan kedutaan-kedutaan Indonesia di masing-masing negara. Para duta besar Indonesia tersebut menyambut baik rencana kemitraan dan akan memfasilitasi kerja sama dengan universitas mitra di masing-masing negara.

”Kita harus meningkatkan jejaring, ini sangat penting seiring dengan perkembangan dunia yang makin mengglobal. Kemampuan berkomunikasi menjadi sangat penting dan pemahaman akan cross-cultural management menjadi kunci kesuksesan pemimpin-pemimpin muda masa depan,” katanya.

Sementara itu Ketua International Office Dr Mirwan Surya Perdhana menyatakan, bahwa UM Undip Kelas Internasional untuk Prodi International Business dan Accounting akan dilaksanakan di Kampus FEB Tembalang Tanggal 6-7 Juni 2016. ”Mekanisme pendaftaran UM bisa dilihat di www.undip.ac.id,” pungkasnya. (tyo/ric/ce1)