18 Orang Terinfeksi HIV/AIDS

253

UNGARAN-Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Semarang di tahun 2016 ini mendata ada 18 kasus HIV/AIDS baru di Kabupaten Semarang. Temuan baru tersebut mayoritas perempuan dan salah satunya adalah balita.

Kepala Bagian Program KPA Kabupaten Semarang, Taufik Kurniawan mengatakan bahwa jumlah tersebut berpotensi bisa bertambah. Mengingat banyak faktor pendukung yang memudahkan penularan penyakit mematikan tersebut.

“Januari hingga Maret, informasi yang masuk ada 18 kasus HIV/AIDS. Kemungkinan bertambah, karena saat ini pendataan masih berjalan,” kata Taufik, Senin (18/4) kemarin.

Dari pendataan yang dilakukan KPA, temuan HIV/AIDS pada pemeriksaan ibu hamil juga meningkat. Di tahun 2015-2016 ini dari 18 temuan ada 5 ibu hamil yang terdeteksi positif HIV/AIDS. Temuan baru ini menunjukkan bahwa gerakan Masyarakat Peduli AIDS (MPA) di Kabupaten Semarang perlu untuk terus didorong. Pasalnya, penyebaran penyakit berbahaya ini dapat dipicu dari berbagai faktor, termasuk pemakaian narkoba dan seks bebas. (ewb/ida)