Pendaftar Panwaslu Sepi Peminat

163

SEMARANG – Pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) di Jateng sepi peminat. Hingga hari kedua masa pendaftaran seleksi panwaslu, baru ada 23 orang yang mendaftarkan diri.

Ketua Tim Seleksi calon anggota Panwaslu Jateng Hasyim Asy’ari menyatakan 23 pendaftar itu berasal dari beberapa kabupaten/kota yang tahun ini bakal menggelar pilkada 2017. ”Masa pendaftaran calon anggota panwas di 7 kabupaten/kota masih akan dibuka hingga Rabu (20/4),” kata Hasyim Asy’ari.

Dia menambahkan sebanyak 23 orang yang sudah mendaftarkan diri terdiri atas pendaftar yang mengirim berkas melalui paket pos sebanyak 17 orang dan pendaftar yang datang langsung ke sekretariat timsel sebanyak enam orang.

Hasyim menyatakan pendaftar calon panwas harus berdomisili di kabupaten/kota masing-masing yang bakal melaksanakan pilkada 2017. Hal itu bisa dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga pendaftar.

Hasyim menambahkan 23 pendaftar itu terdiri pendaftar dari Brebes sebanyak 7 pendaftar, Salatiga (2 pendaftar), Jepara (3 pendaftar), Cilacap (3 pendaftar), Pati (5 pendaftar) dan Batang (3 pendaftar). Ada satu kabupaten yang hingga hari kedua masa pendaftaran ini belum ada satu pun pendaftar, yakni Banjarnegara.

”Kami berharap siapa pun yang merasa memenuhi syarat agar bisa mendaftarkan diri. Mari kita ramaikan seleksi panwaslu sebagai bagian dari usaha mendorong tegaknya pilkada yang demokratis,” kata Hasyim.

Dia menyatakan tim seleksi akan meneliti berkas-berkas yang diajukan para pendaftar. Jika ada dokumen/berkas yang kurang maka tim seleksi yang dibantu staf kesekretariatan Bawaslu Jateng akan segera memberitahukan pendaftar. ”Pendaftar segera kami minta memperbaiki jika ada dokumen/berkas pendaftaran yang kurang,” kata Hasyim. (ric/ce1)

Silakan beri komentar.