Prioritaskan Kader Internal

71

SEMARANG – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah menginstruksikan agar kader benar-benar solid dalam pemenangan pilkada. Terutama di tujuh daerah yang bakal menggelar pilkada serentak 2017 mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW PAN Jawa Tengah Ahsin Maruf mengatakan, sebelumnya partainya sudah membentuk tim pilkada tingkat provinsi. Kader internal yang potensial dan memiliki elektabilitas tinggi memiliki peluang besar bakal diusung dalam pilkada di Jateng. ”Semua kader memiliki kesempatan sama, tapi mereka yang memiliki kelebihan lebih mendapat prioritas,” katanya.

DPW menginstruksikan agar tujuh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) bisa secepatnya membentuk tim pilkada. Sebab, waktu yang semakin mepet membuat parpol harus bisa bekerja keras. Karena proses untuk pencalonan tidak singkat. ”Harus ada komunikasi dua arah dengan partai politik dan bakal calon yang nanti diusung,” ujarnya.

Mendekati pelaksanaan pilkada Februari 2017, sejumlah parpol juga sudah mulai melakukan survei untuk mencari sosok calon yang memiliki elektabilitas tinggi. Yakni di Salatiga, Banjarnegara, Batang, Jepara, Pati, Cilacap, serta Brebes. ”Kalau kami jelas, elektabilitas dari survei bakal menjadi acuan untuk mengusung calon,” kata anggota Desk Pilkada Partai Nasdem Jawa Tengah Ali Mansur.

Survei dilakukan internal dengan melibatkan lembaga independen. Meski begitu, Nasdem tetap mendukung calon di luar kader yang memiliki visi dan misi sama dengan partai dan demi kesejahteraan rakyat. ”Kami terus melakukan komunikasi politik dengan partai lain, karena kami tidak bisa mengusung sendiri. Kader atau nonkader tidak masalah asalkan sejalan dan sevisi,” tambahnya. (fth/ric/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here