HARTONO (IST)
HARTONO (IST)
HARTONO (IST)
HARTONO (IST)

SEMARANG – KONI Jateng mulai memetakan kekuatan pada PON XIX 2016 Jabar, September mendatang. Hal itu dilakukan agar Jateng tak hanya benar-benar siap secara tim namun juga tetap waspada dengan kekuatan calon lawan mereka di PON.

Ketua Umum KONI Jateng Hartono mengatakan, Setidaknya, ada 27 cabang olahraga yang diharapkan menjadi lumbung emas bagi provinsi di ajang multicabang empat tahunan tersebut. KONI Jateng optimistis, target 60 emas dan mempertahankan posisi emapat besar bisa tercapai. ”Cabang-cabang olahraga tersebut melihat hasil yang dicapai pada babak kualifikasi lalu. Ada 23 cabang yang menyumbang emas saat Pra-PON XIX. Melihat perkembangan pada pemusatan latihan setidaknya ada 27 cabang yang mempunyai potensi,” kata Hartono.

Pada PON XIX 2016 Jabar nanti, Jateng akan berkekuatan 619 atlet yang didampingi 108 pelatih dan 220 ofisial. Menurut Hartono, target 60 emas adalah paling realistis saat ini. Yang menjadi ancaman bagi Jateng adalah provinsi yang ada di bawah Jateng seperti Riau, Sumsel, dan Kaltim. Untuk tiga besar, diakuinya masih sangat sulit bagi Jateng. ”Untuk mendukung target 60 emas dan empat besar, kami terus melakukan monitoring dan evaluasi pada cabang olahraga. Selain itu, juga dilakukan identifikasi masalah dalam pemusatan latihan ke tim teknis yang ada di Posko Pelatda. Semua itu juga didukung oleh tim medis, psikolog, dan ahli lainnya. Kami benar-benar memaksimalkan sumber daya yang ada,” lanjutnya.

Untuk mematangkan persiapan, pada Juli-Agutus mendatang, cabang membuat program uji coba. Hartono juga memberikan perhatian khusus pada cabang olahraga beladiri. Dia mengharapkan, setidaknya ada 17 emas dari beladiri. Jumlah ini melihat nomor yang dipertandingkan pada PON XIX lebih banyak dibanding sebelumnya. Pada PON XVIII 2012 Riau lalu, beladiri menyumbang enam emas. ”Sekarang ini kami tidak lagi berbicara pada anggaran dan dinamika organisasi. Semua harus pada satu yakni PON XIX. Semua harus pada satu misi dan visi yakni peningkatan prestasi olahraga Jateng pada PON nanti,” tegas dia. (bas/smu)