Datang Terlambat, Tim Popda Kalah WO

290

SALATIGA – Belasan siswa peserta Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) SMP cabang Sepakbola Kota Salatiga harus menanggung kekecewaan, Pasalnya, persiapan maksimal untuk bertanding di ajang tahunan ini tidak membuahkan hasil.

Yang menyakitkan, kegagalan ini tidak semata-mata karena hasil pertandingan. Pada pertandingan awal, mereka didiskualifikasi dan dinyatakan kalah WO karena terlambat datang ke arena pertandingan di Grobogan. Pertandingan dijadwalkan berlangsung Rabu (6/4) pukul 08.00. Tim Salatiga berangkat Rabu pukul 05.30.

Berdasarkan sejumlah informasi yang diperoleh wartawan, ada kesalahpahaman antara jumlah peserta dengan angkutan yang tersedia. Mobil yang disediakan hanya bisa menampung 15 pemain, padahal terdapat 20 pemain. “Lima belas pemain awal tidak mau berangkat duluan kalau tidak bersama – sama. Akhirnya pagi itu harus mencari tambahan mobil. Dan sampai jam 06.00 belum diperoleh hingga akhirnya berangkat siang,” jelas sumber yang enggan disebutkan namanya.

Kondisi semakin diparah dengan adanya pengecoran jalan antara Salatiga ke Kedung jati, sehingga waktu tempuh lebih lambat dari waktu normal. Sesampai di Grobogan, mereka sudah dinyatakan kalah WO melawan tim Popda Demak. Sementara di pertandingan kedua, tim Salatiga digulung Kota Semarang dengan skor telak 0 – 6.

Kabag Humas Setda Kota Salatiga Satutik menjelaskan, berdasarkan keterangan dari Dinas Pendidikan perjalanan Salatiga – Grobogan terhambat karena ada perbaikan jalan dan hanya bisa dilewati satu jalur. “Sehingga menyebabkan sampai di lokasi terlambat sekitar 2 menit sehingga didiskualifikasi,” jelas Satutik.

Terpisah, ketua PSSI Salatiga Fathur Rahman mengaku sangat menyayangkan kejadian ini.

“Sangat disayangkan jika sampai terjadi karena seharusnya persiapan bisa dilakukan lebih matang,” terang pria yang juga wakil ketua DPRD ini. (sas/ton)