We Love Comics

279

Zet0604

Komik didefinisikan sebagai budaya populer yang memang lagi tren saat ini. Untuk pengertiannya komik diartikan sebagai suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Tidak ada ketentuan khusus dari segi objek, style, tema dan jalan cerita didalamnya jadi para komikus memang dibebaskan untuk berekspresi melalui komik yang dia buat. Untuk alirannya sendiri dibagi kedalam beberapa jenis seperti aliran amerika, aliran jepang, dan komik independen atau komik lokal.

Yang seru dari bikin komik ini guys, S.Yuwanto yang juga salah seorang komikus asal Semarang. Menurutnya membuat komik sesibuk apapun kalau sudah menjadi hobby nggak bakal pernah bosan buat dikerjain, intinya kita seperti punya dunia sendiri. “Untuk ngebuat komik biasanya kita ada tahapan buat ngerasain feel nya si tokoh yang kita buat, jadi kita nggak cuma sekadar ngegambar tapi kita juga mencoba menciptakan tokoh yang merupakan ide dari kita,” katanya.

Untuk aplikasi pembuat komik digital, Yuwanto biasanya menggunakan paint tool SAI, tapi kalau mau gunain photoshop juga bisa kok. Kelebihannya kalau pakai Paint tool SAI goresan yang dihasilin bisa lebih lembut dan ada banyak tool khususnya juga kalau dibanding photoshop. Ada juga nih aplikasi khusus lainnya yang biasanya digunain para komikus buat bikin komik digital guys, namanya Manga Studio. (mg1/mg2/zal)

KOMENTAR:

Fadlul baqi-webFadlul Baqi
DKV, Unnes
Aku pernah make Paintool SAI, yang coba aku gambar waktu itu karakter anime jepang tapi karena nggak punya wacom atau sejenis sama tablet multifungsi yang biasanya digunain buat gambar-gambar komik jadi hasilnya emang masih kasar sih.

desi andriyani-webDesi Andriyani
SMKN 9 Semarang
Untuk buat komik sendiri belum pernah sih tapi kalau bikin-bikin chibi atau gambar anime gitu pernah itupun masih make manual belum yang digital.

Yanuar rozak-webYanuar Rozak
SMKN 9 Semarang
Kalau untuk komik yang aliran jepang sih pernah, waktu itu aku bikin karakter hampir mirip sama manusia super kayak sungoku. Tapi belum aku kembangin karena udah masuk kelas 3 dan sekarang kan aku lagi fokus UN hehe…