PEKALONGAN – Calon pemudik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah kali ini, yang berniat menggunakan Kereta Api menuju arah Jawa harus siap-siap gigit jari. Karena tiket kereta api reguler dari Jakarta tujuan kota-kota di pulau Jawa terutama ke timur sudah habis terjual.

“Kami memang sudah membuka pemesanan tiket untuk kereta api reguler bagi masyarakat yang hendak mudik merayakan Idul Fitri pada H-90 atau 90 hari sebelum keberangkatan,” kata Kepala Stasiun Kereta Api Pekalongan Herry Susanto, Senin (4/4).

Penjualan tiket kereta api untuk angkutan lebaran tahun ini dimulai tanggal 28 Maret 2016 untuk keberangkatan 26 Juni 2016 atau H-10. Sejak itu, jumlah pemesanan tiket terus meningkat. Bahkan, untuk pemberangkatan hingga H-2 lebaran, seluruh tiket kereta tujuan kota-kota di pulau Jawa sudah habis dipesan. Dijelaskan, tiket yang habis bahkan untuk kereta api reguler keberangkatan stasiun Gambir dan keberangkatan dari Pasar Senen Jakarta.

Menurut Herry, tiket yang paling laris, terutama H-2, karena waktu paling favorit untuk mudik. Terutama untuk jenis kereta eksekutif maupun bisnis. “Peminat rata-rata mendekati hari H, paling favorit. Makanya cepat habis, karena angkutan kereta api kini jadi favorit,” ucapnya.

Kemudahan pembelian baik langsung dan online juga salah satu faktor cepat terjualnya tiket. Terutama tiket online, karena bisa dibeli lewat toko modern, jasa pembelian tiket, bahkan aplikasi di toko online. “Paling mudah pembelian tiket di eksternal (online), karena dibuka selama 24 jam, dari pukul 00.00 sesuai tanggal. Dibanding loket normal, baru buka dari jam 9 sampai 4 sore saja,” jelasnya.

Terkait ada atau tidaknya tambahan kereta, pihaknya memastikan pasti ada. Namun sampai saat ini belum ada informasi resmi terkait kereta tambahan. Sehingga bagi yang berminat mudik dengan kereta, masih ada peluang menggunakan angkutan murah dan aman tersebut. (han/ric)