SEMARANG—Menjadi agen Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif) semudah jadi driver Go-Jek. Tidak perlu persyaratan yang rumit, cukup menjadi nasabah bank penyelenggara Laku Pandai. Selain itu, menjadi agen Laku Pandai juga memberikan penghasilan yang cukup menjanjikan dengan persyaratan sangat ringan dan gampang. Demikian dikatakan Product and Customer Experience Head BTPN Wow! Achmad Nusjirwan Sugondo.

Ia mengatakan, menjadi agen Laku Pandai juga dapat membantu tetangga lingkungan terdekat yang belum memiliki produk jasa keuangan. Masyarakat yang akan menabung atau melakukan transaksi lainnya tak perlu jauh-jauh ke kota.

“Agen Laku Pandai dapat dilakukan secara individual, pensiunan, warung kecil, toko kecil bisa, penjual pulsa bisa, sampai bidan dia bisa jadi agen,” katanya saat menjadi pembicara dalam Diskusi Media & Edukasi Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua, Jumat (1/4) lalu, yang diadakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jateng-DI Jogjakarta di Hotel Horison Semarang.

Sementara itu, menyinggung soal fee dari bank, Nusjirwan mengatakan, agen tersebut mendapatkan komisi dari bank bersangkutan.

“Untuk membuka rekening mendapatkan komisi Rp 18.000/satu rekening, tarik tunai 1,5 persen dari nilai transaksi atau maksimal Rp 4.500, setor tunai 1 persen dari nilai transaksi atau maksimal Rp 3.250, sementara kalau beli pulsa sendiri agen dapat Rp 1.000/transaksi,” bebernya.

Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) I OJK Kantor Regional III Jateng-DI Jogjakarta, I Ketut Suena, menyebutkan, hingga akhir 2015 sudah terdapat delapan bank yang telah mengeluarkan produk Laku Pandai. “Perbankan yang ikut partisipasi dalam program Laku Pandai yang digagas OJK masih delapan bank, yakni BRI, Mandiri, BTPN, BCA, BTN, BNI, Sinarmas, dan BRI Syariah. Segera menyusul Bank Jateng,” ungkapnya.

Data sampai November 2015, implementasi Laku Pandai yang telah didukung oleh 24.865 agen berhasil menjaring 1.094.362 nasabah, serta mengumpulkan dana pihak ketiga sebesar Rp 41,3 miliar. (*/aro)