Latih Kaderdan PAC, Panaskan Mesin Politik

251

SEMARANG – Sebanyak 573 Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan di 35 kabupatane/kota di Jateng akan diberikan pelatihan khusus. Pelatihan dilakukan untuk menjaga mesin partai agar tetap panas menjelang pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota pada 2017 maupun Pilgub 2018.

Sebagai langkah awal, pada 1-3 April, DPD PDI Perjuangan Jateng menyiapkan kader sebagai pelatih Ketua PAC. Ada 96 kader yang berasal dari berbagai utusan DPC, anggota DPRD Jateng, dan badan sayap yang ikut dalam Training of Trainer (ToT) di gedung PMI Jateng.

Ketua Desk Pilkada PDI Perjuangan Jateng Agustina Wilujeng menjelaskan peserta ToT diberi materi secara detil tentang ideologi, kepartaian dan menganalisis persoalan. ”Mereka nanti akan menjadi pelatih PAC. Ini tugas berat, PAC itu adalah mesin partai. Tak perlu mengajari PAC, cukup diarahkan. Peran PAC sangat menentukan dalam pertarungan pilkada,” katanya.

Dia mengatakan PAC yang mengetahui peta persaingan riil di wilayah. Hal itu sudah terlihat dari keberhasilan partainya menempatkan 27 wakil rakyat di DPRD Jateng. Belum lagi keberhasilan di DPRD di kabupaten/kota dan keberhasilan memenangkan pilkada serta pilgub.

Ada tiga hal yang menurutnya bisa dilakukan untuk menggerakkan PAC, yakni menggelorakan kebanggan akan partai, solidaritas dan disiplin. Materi-materi inilah yang harus dipersiapkan oleh kader lulusan ToT.

Dalam ToT tersebut peserta terbagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok melakukan observasi dan diminta menyimulasi persoalan dan solusi melalui sebuah role play. Ada yag menyimulasikan dengan pembahasan manajemen dan AD/ART Partai, hingga peran kepala daerah di DPC hingga pilkada.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Rukma Setyabudi mengatakan pelatihan ini diadakan setiap lima tahun sekali. Angaran diambilkan dari dana bantuan politik (Banpol). (ric/ce1)