Proyek Jalan Molor

301

KENDAL—Penyelesaian perbaikan infrastruktur jalan di Kendal dipastikan mundur dari target yang sudah direncanakan. Pasalnya, sedianya proyek harus dimulai Maret ini, namun hingga kemarin belum ada satupun pekerjaan jalan yang berhasil dilelang.

“Ya belum selesai, jadi proses lelang masih berjalan. Hingga akhir Maret ini, semuanya belum ada pekerjaan yang selesai proses lelangnya. Kami belum tahu apakah bulan depan sudah bisa dikerjakan atau belum,” ujar Kepala Dinas Bina Marga SDA PSDM Kabupaten Kendal, Agung Setiawan, Rabu (30/3) kemarin.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kendal, Hasyim Tri Joko mengatakan bahwa sebenarnya sudah ada sekitar 56 paket pekerjaan yang sudah masuk proses lelang. Hasyim yang juga Ketua ULP berharap, proses lelang secepatnya selesai, sehingga bisa segera dilakukan pengerjaannya. “Segera diupayakan proses lelang selesai dan dapat dilakukan perbaikan,” paparnya.

Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Prapto Utono kecewa dengan lambannya proses perbaikan jalan. Sebab, APBD sudah ditetapkan sejak akhir 2015 lalu. “Kalau sampai saat ini belum ada proses lelang yang selesai, maka bisa dikatakan terlambat,” jelasnya.

Prapto mengatakan, kendala SDM masih menjadi alasan, seperti sedikitnya pejabat PPKom, maka Bupati Kendal harus melakukan analisa jabatan. Pihak SKPD juga diharapkan agar tidak segan-segan untuk menggunakan jasa konsultan perencanaan, jika mengalami kendala dalam perencanaan.

Ditambahkannya, lambannya pekerjaan bisa disebabkan adanya perencanaan yang kurang matang. Selain itu, penempatan anggaran yang tidak tepat. Untuk itu, ke depan supaya semua perencanaan dilakukan secara matang. “Jika perencanaannya matang, saya kira bulan Januari sudah bisa dikerjakan. Sebab anggaran sudah ditetapkan sebelum Januari,” tandasnya.