KENDAL—Dinas Pendidikan (Disdik) Kendal menggelar lomba bagi guru dan kepala sekolah. Lebih kurang ada 106 guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang ikut serta dalam seleksi tenaga pendidik berprestasi 2016 ini.

“Kegiatan ini, selain untuk memberikan apresiasi kepada tenaga pendidik yang berprestasi, juga untuk meningkatkan mutu pendidikan,” ujar Kepala Disdik Kendal, Muryono, Senin (28/3) kemarin.

Dikatakannya seleksi dimulai selama dua hari yakni Senin-Selasa (28-29/3) di SMA PGRI 1 Kendal. 106 peserta terdiri atas guru berprestasi sebanyak 69 peserta dari tingkat TK hingga SMA/SMK. Sementara seleksi kepala sekolah berprestasi diikuti 37 peserta dari tingkat TK, SD, dan SMA.

Diharapkan dengan kegiatan ini, mampu memicu prestasi guru untuk dapat mendidik para peserta didik dengan lebih baik. Yakni dapat memberikan konsep mendidik yang sesuai dan terobosan dalam motode pembelajaran. “Guru berprestasi harus mampu mendidik siswa-siswi dengan lebih baik,” jelasnya.

Dalam meningkatkan kualitas pendidik, menurutnya, akan berbanding lurus dengan output pendidkan terhadap siswa. Yakni akan semakin banyak pertumbuhan kelas-kelas kreatif dan siswa-siswa yang berprestasi baik tingkat daerah maupun nasional. “Tujuan kami menciptakan generasi muda yang cerdas dan mampu bersaing di masa mendatang. Maka, diperlukan peran guru sebagai tenaga pendidik yang baik dan profesional,” paparnya.

Seleksi tersebut sebagai bentuk motivasi guru supaya optimistis, percaya diri, dan berani mengikuti kegiatan. Mereka yang dinobatkan sebagai guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi akan mewakili Kendal maju di ajang serupa ke tingkat Jateng.

Sementara panitia penyelenggara, Widarbo menjelaskan, seleksi digelar selama dua hari. Selama seleksi, peserta menjalani tes tertulis dan wawancara. Sebelumnya mereka juga menyerahkan portopolio kepada panitia. “Peserta merupakan guru dan kepala sekolah negeri,” tandasnya. (bud/ida)