SEMARANG – Peringatan HUT ke-43 PDI Perjuangan dan Bulan Bung Karno tahun ini berlangsung meriah. Partai berlambang banteng moncong putih tersebut menggelar sejumlah kegiatan dengan melibatkan masyarakat dan anak muda. Yang fenomenal adalah rencana pemecahan rekor MURI kategori bakar dan makan ikan. Acara yang dikemas dalam Festival Bahari Nusantara tersebut akan digelar di Pati pada 8 Mei mendatang.

Ketua Panitia HUT ke-43 PDI Perjuangan dan Bulan Bung Karno tingkat Jawa Tengah, Ahmad Ridwan menjelaskan pihaknya akan menyediakan 5 ton ikan untuk dibakar dan dimakan bersama. ”Acara ini akan melibatkan puluhan ribu kader dan masyarakat umum. Selain DPD Jateng, masing-masing DPC juga akan menggelar kegiatan yang sama,” katanya.

Selain Festival Bahari, masih banyak kegiatan lain yang akan digelar. Yaitu diawali ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur pada 8-9 April, dan Lomba Mancing PDI Perjuangan Cup 2016 di Puri Maerokoco Semarang pada 17 April. ”Lomba mancing ini juga akan diikuti gubernur, serta bupati/wali kota yang berasal dari PDIP, pengurus DPD, kader dan wartawan. Total peserta hampir 300 orang,” kata anggota Komisi C DPRD Jawa Tengah ini.

Selain itu, ada Festival Orang Muda yang digelar 1 Mei di DPRD Jateng. Acara di antaranya berisi lomba stand up comedy. Sedangkan Pasar Rakyat akan digelar di setiap DPC pada 8 Mei. Sementara DPD memusatkan acara Pasar Rakyat di Pati, bersamaan dengan Festival Bahari Nusantara. Lomba paduan suara digelar 15 Mei dan Banteng Musik Festival di kantor DPD PDI Perjuangan Jateng di Panti Marhaenis Semarang pada 21-22 Mei.

Pada 31 Mei, digelar Festival Desa Berdikari dan Festival Taman Buah Rakyat. Masing-masing DPC mengusung salah satu desa unggulan untuk dilombakan. ”Kami ingin potensi-potensi desa turut terangkat. Melalui festival, kualitas buah unggulan akan meningkat,” terang Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah ini.

Ridwan menjelaskan, peringatan tahun ini memang lebih meriah dibanding tahun lalu. Bahkan melibatkan masyarakat secara langsung. Harapannya, PDIP dan masyarakat bisa menyatu dan gotong royong untuk memajukan potensi yang ada serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Agustina Wilujeng mengatakan peringatan HUT ke-43 dan Bulan Bung Karno akan diperingati DPC dan DPD se-Indonesia. Nantinya akan dilakukan peletakan patung Bung Karno di pulau terluar Indonesia. ”Sepanjang pulau-pulau terluar di Indonesia akan dipasang bendera merah putih,” katanya. (ric/ce1)