Tawuran, Puluhan Pelajar Diamankan

1590

SALATIGA- Sekitar 60 pelajar SMA dan SMK dari Salatiga dan sekitarnya diduga hendak tawuran. Mereka diamankan di Jalan Gunung Payung, Blotongan, Salatiga, Selasa (22/3) sore.

Saat digeledah, polisi mengamankan barang bukti berupa 4 buah gir yang diberi tali sabuk, palu besi dan botol miras. Barang bukti itu ditemukan petugas di tas yang dibawa mereka. Petugas juga mengamankan puluhan sepeda motor yang dibawa mereka.

Para pelajar itu tidak hanya dari Salatiga saja. Selain dari SMK Muhammadiyah Salatiga, juga dari SMK Ngaglik Magelang, SMK Muhammadiyah 2 Mungkid Magelang, SMK Widya Wacana Secang Magelang, SMK Muhammadiyah Muntilan.

Menurut pengakuan Han dari SMK Ngaglik, ia ke Salatiga karena hendak main ke SMK Muhammadiyah Salatiga karena ada yang ulang tahun. “Saya hanya mau main saja, karena ada yang ulang tahun,” kata Hanif yang berboncengan motor dengan teman-temannya dari Magelang.

Kapolsek Sidorejo AKP Jumaeri mengatakan, puluhan siswa yang diamankan di Blotongan, memang belum tawuran. Namun melihat konsentrasi para siswa dan ada yang membawa gir, maka itu bisa jadi sebagai persiapan tawuran. “Modusnya memang tantang-tantangan melalui media sosial (facebook). Akhirnya janjian kumpul bareng untuk meladeni tantangan dari sekolahan lain,” ujarnya.

Dikatakan Jumaeri, pihaknya akan mendata masing-masing siswa yang diamankan petugas dan memberi pembinaan serta menandatangani surat pernyataan. “Semua yang kita amankan wajib mengisi surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya dan tentunya pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan pihak sekolahan masing-masing,” ujarnya.