Ajang Uji Peserta Pelatihan Wasit

366

SELAIN sebagai agenda wajib pengurus PBSI Demak, penyelenggaraan Djarum Foundation Kejurkab Bulutangkis Hari Jadi Demak Ke-513 menjadi ajang para peserta pelatihan wasit untuk menguji kemampuan praktek langsung di lapangan. Uji praktek yang diselenggarakan PBSI Demak tersebut, berlangsung sejak hari pertama kejuaraan Kamis (17/3) kemarin hingga hari terakhir kejuaraan Minggu, (20/3) lusa.

Tim Pelatihan Wasit, Harjanto, menuturkan, uji praktek tersebut merupakan program kerja Pengkab PBSI Demak. Setelah sekian waktu tidak menyelenggarakan pelatihan untuk tenaga wasit. Pelatihan Wasit dilaksanakan selama 16 – 20 Maret 2016.

”Kita menyadari bahwa sudah saatnya untuk meregenerasi tenaga wasit. Sebab, wasit – wasit yang selama ini mengurusi pertandingan sudah banyak yang berusia lanjut. Selain banyak juga yang sudah tidak aktif, wasit senior ini secara fisik memang harus diganti dengan yang usianya muda – muda. Sehingga mampu menangani kejuaraan – kejuaraan Bulutangkis yang sekarang ini semakin banyak di Kabupaten Demak,” papar Harjanto yang menjabat sebagai seksi perwasitan PBSI Kabupaten Demak.

Program Pelatihan Wasit diikuti 50 peserta. Berasal dari kalangan guru olahraga SD, SMP dan SMA serta guru honorer di Kabupaten Kendal, mantan pemain, dan juga dari umum. Dari sejumlah peserta pelatihan tersebut, hampir separuhnya atau sebanyak 23 peserta diikutkan dalam uji praktek pada kejuaraan Djarum Foundation Kejurkab Bulutangkis Hari Jadi Demak Ke-513.

Harjanto berharap, program Pelatihan Wasit ini dapat memenuhi tenaga wasit yang dibutuhkan pada kejuaraan daerah, Khususnya pada event Kejurkab. “Dengan pembekalan materi pelatihan ini dapat meningkatkan skill wasit sehingga menghasilkan pertandingan yang memenuhi keabsahan. Sesuai, dengan ketentuan dalam organisasi bulutangkis di Indonesia,” ujar guru olahraga SD Karang Mlati 01, Kecamatan Demak Kota ini. (fiq/smu)