SEMARANG – PT Trans Marga Jateng (TMJ) menggandeng Fakultas Teknik Industri Universitas Diponegoro (Undip) Semarang untuk menyuplai lulusan tenaga ahli. Kerja sama itu diwujudkan lewat penandatanganan nota kesepehamanan antara Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama dan dari Direktur Utama PT TMJ, Djadjat Sudradjat di Rektorat Kampus Undip Tembalang, Kamis (17/3).

Setelah kerja sama ini, Djadjat berharap para lulusan Undip bisa menyuplai lulusan yang berkompeten untuk membantu kinerja TMJ. Ke depan, dia ingin bukan sebatas alumnus Fakultas Teknik saja, tapi juga Fakultas lain seperti Hukum, Ekonomi, atau Bisnis. ”Lulusan akademis agaknya lebih berkompeten dan siap kerja. Semoga dengan kerja sama ini, ada peningkatan kualitas dalam mengembangkan Jawa Tengah,” tegasnya.

Prof Yos menambahkan, untuk bisa memberikan SDM yang berkompeten, pihaknya akan menggeber program Tridharma perguruan tinggi. Yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

”Demi menyiapkan tenaga profesional yang unggul dan andal, harus ada upaya peningkatan kemampuan mahasiswa agar dapat menyerap dan mengaplikasikannya di industri atau perusahaan,” tuturnya.

Dekan Fakultas Teknik Undip Agung Wibowo menimpali, kerja sama dengan PT TMJ ini merupakan pintu gerbang untuk memudahkan para mahasiswa mengimplementasikan kemampuan praktik yang selama ini didapatkan di bangku kuliah. (amh/ric/ce1)